DINAS PERDAGANGAN KOPERASI UKM KAB LIMA PULUH KOTA

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

KEPALA DINAS PERDAGKOPUKM KABUPATEN LIMA PULUH KOTA TURUT DAMPINGI BUPATI LIMA PULUH KOTA MONITORING KETERSEDIAAN PASOKAN DAN HARGA PANGAN

Admin
Kamis, 04 April 2024
23 Dibaca
...

Pastikan ketersediaan pasokan serta keterjangkauan harga kebutuhan pangan dan bahan penting lainnya bagi masyarakat menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H. Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota bersama unsur Forkopimda, Kepala BPS Lima Puluh Kota Yudi Yos Elvin dan Kepala Perangkat Daerah Kabupaten Lima Puluh Kota melaksanakan monitoring dan pengawasan harga kebutuhan pokok di Pusat Grosir Naya dan Naira, Rabu (27/03/2024). Kegiatan tersebut langsung dipimpin oleh Bupati Lima Puluh Kota, Bapak H. Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, yang melakukan pemantauan harga, didampingi oleh Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Lima Puluh Kota, Bapak Drs. Rahmad Hidayat, M.Si. Bupati bersama rombongan juga menyempatkan bertanya kepada distributor tentang ketersediaan bahan pokok maupun fluktuasi harga menjelang lebaran serta terlihat berdiskusi dengan para distributor utamanya terhadap bahan pokok yaitu minyak goreng, gula, tepung dan sejumlah item lainnya

Per 27 Maret 2024, untuk harga minyak goreng rata-rata ada di angka Rp.17.000, sedangkan gula mencapai Rp.18.000. Untuk harga tepung yang beredar banyak di masyarakat, Segitiga biru Rp.18.000 sedangkan tepung Rosebrand senilai Rp.8.000. Berdasarkan tambahan data dari dinas pangan, per 27 Maret, harga kebutuhan pokok lain seperti beras saat ini mencapai Rp.16.500/kg.

Dari hasil pantauannya itu, Bupati Lima Puluh Kota, H. Safarudddin Dt. Bandaro Rajo mengatakan, harga bahan pokok di Kabupaten Lima Puluh Kota cenderung meningkat. Ada kenaikan namun masih dalam kategori normal untuk beberapa jenis komoditi. Disamping itu, Bupati Safarudddin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota bersama Forkopimda akan terus memonitor fluktuasi harga pasar, guna menekan tingkat inflasi di sepanjang bulan ramadhan nantinya. Lebih lanjut Beliau juga mengatakan, pemerintah daerah akan melaksanakan Gelar Pangan Murah di sejumlah titik di Lima Puluh Kota dalam upaya mengendalikan sejumlah bahan pokok untuk menjaga daya beli masyarakat.

Sementara itu, Distributor Toko Grosir Naya, Harianas mengatakan sangat menyambut baik kedatangan Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota ke gudang miliknya yang ada di depan SPBU Tanjung Pati. Ia mengatakan saat ini di Lima Puluh Kota terjadi peningkatan permintaan sebesar 10% dari permintaan biasanya. Begitupun dengan ketersediaan bahan pangan hingga lebaran nanti menurut Harianas cukup.

share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback