DINAS PERDAGANGAN KOPERASI UKM KAB LIMA PULUH KOTA

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

DORONG SINKRONISASI DAN HARMONISASI PROGRAM PEMBERDAYAAN UMKM DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA, DINAS PERDAGKOPUKM INISIASI KERJASAMA DENGAN BAZNAS KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Admin
Kamis, 04 April 2024
24 Dibaca
...

Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota berkomitmen untuk meningkatkan kontribusi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) terhadap perekonomian. Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Lima Puluh Kota dalam upaya mendukung visi dan misi Kepala Daerah untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi lintas sektoral yang memiliki keunggulan ditingkat lokal dan regional serta mensukseskan program unggulan Kabupaten Lima Puluh Kota yaitu peningkatan penerimaan tenaga kerja sebanyak 30.000 orang dan 1.000 wirausaha baru, maka DisperdagkopUKM menyusun Rencana Kerja yang akan mampu Meningkatkan Kontribusi UMKM terhadap sektor ekonomi dengan indikator Meningkatkan Pertumbuhan tenaga kerja dan wirausaha baru di sektor UMKM dengan strategi : Mendorong tumbuhnya wirausaha baru dan Membuka akses pasar untuk produk-produk unggulan daerah.

BAZNAS Kabupaten Lima Puluh Kota juga turut mendukung pemberdayaan UMKM melalui Program ekonomi UMKM BAZNAS yaitu program pemberdayaan usaha produktif mustahik dalam upaya meningkatkan pengembangan usaha dan memperluas lapangan kerja. Program pemberdayaan UMKM BAZNAS meliputi pelatihan, bantuan modal dan pendampingan usaha. Terget dari program tersebut yaitu meningkatnya Kualitas UMKM dan Turut Memperluas Lapangan Kerja.

Dalam upaya optimalisasi serta meningkatkan efektivitas pelaksanaan berbagai program pemberdayaan UMKM, maka perlu sinkronisasi dan harmonisasi program pemberdayaan UMKM di lintas sektor di Kabupaten Lima Puluh Kota, sehingga bisa meningkatkan kontribusi UMKM terhadap perekonomian. Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Lima Puluh Kota, Bapak Drs. Rahmad Hidayat, M.Si menginisiasi kolaborasi dan sinergi dengan BAZNAS Lima Puluh Kota dalam pembinaan dan pemberdayaan UMKM di Kabupaten Lima Puluh Kota. Hadir langsung di Kantor BAZNAS Kabupaten Lima Puluh Kota pada hari Senin (18/3/2024), Kepala Dinas menjelaskan strategi kerja yang dilaksanakan Untuk program dan kegiatan terkait UMKM yang dilaksanakan oleh Dinas PerdagkopUKM adalah sebagai berikut : Program Pendidikan dan Latihan Bagi UMKM, Program Pengembangan UMKM, Program Penggunaan dan Pemasaran Produk Dalam Negeri, Bimbingan Teknis PLUT-KUMKM. Hal ini juga sejalan dengan program pemberdayaan UMKM yang dijalankan oleh BAZNAS Kabupaten  Lima Puluh Kota.

Melalui pertemuan tersebut, Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM bersama BAZNAS Kabupaten Lima Puluh Kota sepakat untuk saling bekerjasama dalam pembinaan dan pemberdayaan UMKM di Kabupaten Lima Puluh Kota dengan membuat Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan melibatkan bagian hukum dalam penyusunannya. Melalui Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini diharapkan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM  bersama BAZNAS Kabupaten Lima Puluh Kota bisa meningkatkan sinkronisasi dan harmonisasi dalam upaya pembinaan dan pemberdayaan UMKM untuk tercapainya pengentasan kemiskinan dan turut mengurangi pengangguran melalui peningkatan ekonomi usaha.

share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback