DINAS PERDAGANGAN KOPERASI UKM KAB LIMA PULUH KOTA

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

BUPATI LIMA PULUH KOTA BUKA PASAR MURAH DINAS PERDAGKOPUKM SEBAGAI WUJUD PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT SERTA ANTISIPASI KELANGKAAN BAPOK DAN KENAIKAN HARGA MENJELANG IDUL FITRI 1445 H

Admin
Jumat, 05 April 2024
27 Dibaca
...

Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota melalui Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM resmi menggelar Kegiatan Pasar Murah Tahun 2024 di Ruang Terbuka Hijau Mahkota Berlian Sarilamak (4/4/ 2024). Acara yang bertujuan untuk menekan laju inflasi dalam menyambut Idul Fitri 1445 H dan merupakan bagian dari gerakan pangan murah Kabupaten Lima Puluh Kota ini berkesempatan untuk dihadiri dan dibuka secara langsung  oleh Bupati Lima Puluh Kota, Bapak H. Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Eki Hari Purnama, S.P. M.Si, Kepala BPN Akhda Jauhari, S.T, serta Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Drs. Rahmad Hidayat, M.Si. Turut hadir Kepala Badan Kesbangpol Elsiwa Fajri, S.STP, Kepala Dinas Pangan Yunire Yunirman, S.T, M.Si, Kepala Dinas Perinaker Ayu Mitria Fadri, S.Si, M.M.Pd.

Dalam sambutannya Bupati Lima Puluh Kota menyampaikan bahwa kegiatan pasar murah merupakan wujud pelayanan kepada masyarakat dan sebuah langkah preventif dalam menyikapi kelangkaan bapok dan kenaikan harga menjelang Idul Fitri 1445 H Tahun 2024 di Kabupaten Lima Puluh Kota. Pemerintah Kabupaten Lima Puluh Kota bersama unsur Forkopimda sebelumnya juga sudah melaksanakan monitoring dan pengawasan harga kebutuhan pokok ke distributor bahan pokok di Pusat Grosir Naya dan Naira, Rabu (27/03/2024). Hasil pemantauan memang harga bahan pokok di Kabupaten Lima Puluh Kota cenderung meningkat. Ada kenaikan namun masih dalam kategori normal untuk beberapa jenis komoditi. Namun pemerintah daerah berupaya mengendalikan harga sejumlah bahan pokok untuk menjaga daya beli masyarakat. Melalui kegiatan Pasar Murah, masyarakat akan mendapat harga dibawah harga pasar, juga bisa mendapatkan diskon berupa voucher belanja. Bupati Lima Puluh Kota juga menyampaikan syukur bahwa ketersediaan bahan pokok di Kabupaten Lima Puluh Kota Alhamdulillah bisa memenuhi kebutuhan masyarakat. Terakhir Bupati memberikan apresiasi atas kegiatan ini dimana bahan yang tersedia di pasar murah ini merupakan seluruh produk asli Kabupaten Lima Puluh Kota, dan harapan semoga bazar UMKM yang hadiri pelaku UMKM asli Kabupaten Lima Puluh Kota produknya laris.

Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UMKM Kabupaten Lima Puluh Kota Bapak Drs. Rahmad Hidayat, M.Si dalam laporannya sebagai Dinas penyelenggara Kegiatan Pasar Murah menyampaikan bahwa kegiatan pasar murah merupakan antisipasi terhadap lonjakan inflasi menjelang Lebaran Idul Fitri 1445 H, dan masih menjadi bagian dari Gerakan Pangan Murah Dinas Pangan Kabupaten Lima Puluh Kota. Kegiatan ini terselenggara melalui kerjasama dan dukungan dari Dinas Pangan dan Bulog dan beberapa distributor seperti  Toko Nayra dan Mitra Guci swalayan, sehingga untuk bahan kebutuhan pokok kita bisa melepas dibawah harga pasar, contohnya saja minyak goreng, kita bisa menjual dengan harga Rp. 13.000 per liter, Sarden Rp.16.000. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Bank Indonesia dalam bentuk voucher belanja gratis yang nantinya akan dibagikan kepada Tenaga Kebersihan, Tenaga Harian Lepas (THL), dan masyarakat sekitaran Kantor Bupati Lima Puluh Kota. Terakhir Kepala Dinas berharap kegiatan pasar murah ini dapat menjaga stabilitas harga pasar di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pada penghujung acara pembukaan kegiatan tersebut Bupati Lima Puluh Kota, Bapak H. Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, berkesempatan membagikan voucher discount yang dapat ditukar dengan berbagai macam jenis kebutuhan pokok yang berada di lokasi pasar murah seperti Beras, Minyak Goreng, Sarden, Telur dan Susu kental manis,

Kegiatan pasar murah ini turut menghadirkan UMKM Binaan Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM yang menjual produk aneka kue kering dan kue khas lebaran seperti Dapur Difra, Dapur Efita, Puti Uwa, dan Kerupuk Barigi Ita.

share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback