DINAS PERDAGANGAN KOPERASI UKM KAB LIMA PULUH KOTA

KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

PASTIKAN TAKARAN BAHAN BAKAR, DISPERDAGKOPUKM KABUPATEN LIMA PULUH KOTA LAKSANAKAN TERA ULANG RUTIN PUBBM PADA SPBU DI KABUPATEN LIMA PULUH KOTA

Admin
Selasa, 13 Februari 2024
62 Dibaca
...

Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kabupaten Lima Puluh Kota melalui bidang Kemetrologian dan Pengawasan Perdagangan melakukan pelayanan tera ulang Pompa Ukur Bahan Bakar Minyak (PUBBM) pada SPBU PT. Kota Baru Cahaya Utama Kecamatan Akabiluru (Rabu, 7/2/2024) dan SPBU PT. Tanjung Pati Raya (Sabtu, 3/2/2024) di Kabupaten Lima Puluh Kota.

Pelayanan tera ulang ini dihadiri oleh Kepala Bidang Kemetrologian dan Pengawasan Perdagangan, Ibu Hatifah, S.Kom didampingi Pengelola Metrologi dan Perlindungan Konsumen serta fungsional pengamat tera. Kepala Bidang mengatakan kegiatan tera ulang PUBBM SPBU ini merupakan kegiatan rutin setiap setahun sekali. Hal ini menjadi sebuah kewajiban bagi pemilik SPBU untuk mentera ulangkan alat ukur yang ada. Pompa ukur SPBU ini harus ditera ulang secara rutin agar berfungsi dengan baik. Dengan demikian, alat ukur yang digunakan pengusaha seusai dengan aturan yang berlaku sehingga menjamin pemenuhan hak-hak konsumen pengguna SPBU dan tidak merugikan konsumen.

Pengujian tera ulang terhadap pompa ukur BBM pada tiap nozzle dilakukan dengan menakar ulang menggunakan bejana minimal 20 liter untuk memastikan takaran sesuai dengan hasil tera ulang dan mengacu pada ambang batas yang telah ditentukan. Tiap nozzle yang sudah ditera dan dinyatakan sah memenuhi standar takaran akan diberi segel berupa tanda tera dan stiker yang berlaku selama satu tahun.

Tera ulang ini sifatnya rutinitas. Dengan demikian diharapkan tidak ada kecurangan bagi pengusaha SPBU dalam rangka mengoperasikan nozzlenya sehingga tidak merugikan masyarakat. Tera ulang PUBBM SPBU ini bertujuan untuk melindungi konsumen dalam hal kebenaran alat takar tersebut sehingga tidak ada pihak yang dirugikan.

share Bagikan berita
facebook Facebook
whatsapp Whatsapp
twitter Twitter
`

Feedback